Memperbaiki Masalah Data Web Inti

Daftar Isi [Tampil]

Jika membahas tentang Data Web Inti di google search console biasanya tak lepas dari kecepatan loading atau performa halaman blog.  Kecepatan loading blog ini ditandai dengan 3 warna yaitu :

Cara Memperbaiki Data Web Inti Blog
Masalah Data Web Inti Google Search Console


  1. Hijau : Menunjukkan bahwa performa blog bagus atau baik
  2. Kuning : Halaman blog membutuhkan perbaikan
  3. Merah : Performa halaman blog buruk


Masalah performa halaman blog buruk ini biasanya dipengaruhi oleh LCP (Link Control Protocol) dan CLS (Cumulative Layout Shift). 

Cara Mendeteksi Masalah Data Web Inti di Blog

Gambar diatas adalah screenshot dari blog saya yang diambil sebelum dilakukan perbaikan. Untuk mengetes performa blog secara langsung bisa dilakukan disini : Page Speed Test. Awalnya saya sedikit agak frustasi, sudah otak atik dan berusaha menghapus kode-kode dan widget yang menurut saya kurang berguna. Tapi tetap saja hasilnya masih seperti itu, paling juga sedikit berubah dari kode merah menjadi kuning. 

Setelah menggunakan Page Speed Test diatas kemudian saya mengetahui penyebab utama buruknya performa blog saya ada di LCP dan CLS. Terutama untuk file javascript atau .js. Kemudian saya lakukan pencarian file .js apa saja yang ada di halaman blog. Ternyata file js ini rupa-rupanya adalah file yang digunakan untuk pemasangan iklan adsense. Seperti file ini: <script data-ad-client="ca-pub-XXXXXXX" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> . Kemudian saya lakukan penghapusan sementara pada file js dari adsense ini dan memulai Page Speed Test tadi, dan hasilnya Performa blog yang buruk tadi langsung menjadi hijau alias baik.

Dari sini kita ketahui bahwa penyebab utama buruknya Data Web Inti adalah Iklan dari Google Adsense yang berupa file .js. Jika saya menghapus file dari adsense tersebut secara permanent, maka otomatis iklan adsense di halaman blog saya tidak akan tampil lagi.

Cara Memperbaiki Masalah Data Web Inti yang disebabkan oleh Iklan dari Google Adsense

Setelah mencari kesana kesini tentunya dengan bantuan mbah google, akhirnya saya menemukan formula yang sangat jitu dan tanpa harus menghapus iklan dari google adsense atau mengurangi iklannya. Yang ada malah saya menambah lagi Iklan Google adsense dan menempatkan sebanyak-banyaknya di halaman blog saya. Hasilnya seperti blog saya sekarang ini.

Lalu bagaimana memperbaiki data web inti yang buruk yang disebabkan oleh google adsense? Simak baik-baik penjelasan dibawah : 

Cara memperbaikinya sangat gampang, yaitu menggunakan Lazy Loading. Menggunakan lazy load ini tidak ada dalam aturan police google adsense. Dan menurut saya ini tidak melanggar, karena Lazy loading hanya membantu mempercepat loading halaman tanpa merubah kode google adsense. Kode google adsense masih ada sseperti yang saya tandai dengan huruf tebal pada script lazy loading dibawah. Langkah-langkah untuk menempatkan lazy loading yaitu :

1. Buka Tema pada blog

2. Pilih Edit HTML

3. Cari kode adsense seperti ini : 

<script data-ad-client="ca-pub-XXXXXXX" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>

4. Hapus kode tersebut (jika menemui banyak kode seperti itu, hapus semua kode nya)

5. Kemudian di atas kode </body> copy dan paste code berikut :

<script type='text/javascript'> //<![CDATA[
// Lazy Load AdSense
var lazyadsense=!1;window.addEventListener("scroll",function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&!1===lazyadsense||0!=document.body.scrollTop&&!1===lazyadsense)&&(!function(){var e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=!0,e.src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazyadsense=!0)},!0);
//]]> </script>  


6. Kemudian save

7. Lakukan test kembali halaman anda dengan page speed test, hasilnya halaman anda akan berubah menjadi hijau atau baik.

Demikian sedikit tutorial memperbaiki masalah data web inti yang disebabkan oleh iklan dari google adsense. Semoga bisa membantu sahabat-sahabat yang membutuhkan. 

Semoga bermanfaat...!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel