Soal dan Jawaban Tes Formatif dan Sumatif Modul 3 KB 1 2 3 4 (Pedagogik)
Daftar Isi [Tampil]
Dalam mengikuti program pola Pendidikan Profesi Guru (PPG), sebagai peserta PPG daring baik itu guru TK SD SMP SMA dan SMK tentunya sangat membutuhkan sumber belajar yang relevan, efektif, dan ringkas untuk dapat memahami materi yang tidak sedikit
Bagi anda yang sudah mengikuti PPG daring tentunya ini bisa mnjadikan referensi untuk mengulang materi daring yang sebelumnya telah anda ikuti, Karena khususnya pada muatan materi Pedagogik dalam soal UP UKM PPG yang soalnya terkenal dengan istilah gampang-gampang susah, mengapa demikian ??? karena pada soal pilihan ganda pedagogik ini, opsi jawabannya seolah semuanya benar, namun jika kita mempelajari dan membaca kembali lebih dalam modul pedagogik maka sangat jelas perbedaan antara opsi yang ada pada soal tersebut.
Nah, kali ini admin bakal sampaikan mengenai Soal dan Jawaban Tes formatif Modul 3 KB 1 2 3 4 (Pedagogik) yang mana sebelumnya anda telah menyelesaikan modul 1 2.
Tes Formatif Modul 3 KB1 PPGDALJAB Pedagogik (Quiz M3 KB1)
1. Segala sesuatu di alam telah terstruktur, teratur, rapi. Pengetahuan juga telah terstruktur rapi merupakan pandangan dari teori...Behavioristik
2. Kurangnya motivasi belajar dan rendahnya prestasi belajar siswa lebih banyak disebabkan karena...Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa
3. Salah satu inti dari teori behavioristik menurut Guthrie adalah...Hukumam memegang peranan penting dalam proses pembelajaran
4. Ketertinggalan Indonesia dari negara-negara lain di sektor pendidikan lebih banyak disebabkan oleh...Cenderung membentuk manusia yang sama kurang menghargai perbedaan
5. Teori stimulus dan respon merupakan teori dari aliran behavioristik yaitu.... Koneksionisme
1. Segala sesuatu di alam telah terstruktur, teratur, rapi. Pengetahuan juga telah terstruktur rapi merupakan pandangan dari teori...Behavioristik
2. Kurangnya motivasi belajar dan rendahnya prestasi belajar siswa lebih banyak disebabkan karena...Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa
3. Salah satu inti dari teori behavioristik menurut Guthrie adalah...Hukumam memegang peranan penting dalam proses pembelajaran
4. Ketertinggalan Indonesia dari negara-negara lain di sektor pendidikan lebih banyak disebabkan oleh...Cenderung membentuk manusia yang sama kurang menghargai perbedaan
5. Teori stimulus dan respon merupakan teori dari aliran behavioristik yaitu.... Koneksionisme
6. Kecenderungan guru untuk memberikan perlakuan yang sama terhadap anak-anak mengakibatkan anak....Tidak menghargai perbedaan
7. Di dalam kegiatan pembelajaran guru kurang memperhatikan perbedaan individual anak, maka anak...Sangat menghargai kesamaan
8. Penguat negatif harus dikurangi agar respon yang diberikan berbeda, merupakan pendapat yang diberikan oleh.... Skinner
9. Salah satu contoh aplikasi teori behavioristik dalam pembelajaran adalah....Pembelajaran dengan power point
10. Tingkah laku baru dapat dipelajari jika dipecah menjadi bagian-bagian. Pernyatan ini merupakan teori behavioristik dari aliran....Operant conditioning
Soal dan Kunci Tes Formatif M3 KB1 PPGDALJAB Pedagogik (Quiz M3 KB2)
1. Kegiatan mengkategorikan memiliki dua komponen yaitu : 1) tindakan pembentukan konsep dan 2) tindakan pemahaman konsep. Merupakan pendapat yang disampaikan oleh
Brunner
2. Perkembangan kognitif merupakan suatu proses genetik, yaitu suatu proses yang didasarkan atas mekanisme biologis perkembangan sistem syaraf merupakan teori yang disampaikan oleh....Piaget
3. Seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal, merupakan tahap perkembangan kognitif yang disebut...Tahap enaktif
4. Dalam teori kognitif, keadaan yang dipengaruhi oleh bagian otak sebelah kanan adalah
Equilibirasi
5. Proses belajar sebagai perolehan pengetahuan baru dalam diri seseorang dengan cara mengaitkannya dengan struktur kognitif yang sudah ada, merupakan pengorganisasian materi pembelajaran yang disebut...Teori Skema
6. Pemikiran prakonseptual dan periode pemikiran intuitif merupakan bagian dari tahap-tahap perkembangan Piaget, yang berada pada tahapan...Pra-operasional
7. Penataan urutan materi pelajaran dengan memunculkan gagasan mengenai prasyarat belajar, yang dituangkan dalam suatu struktur isi, merupakan pengorganisasian materi pembelajaran yang disebut...Hierarki belajar
8. Proses menerima informasi dari lingkungan dan merespon sesuai dengan struktur kognitif yang telah dimiliki disebut juga dengan...Asimiliasi
9. Menurut Piaget, saat anak sudah mampu menjelaskan hubungan antara sebab akibat, maka anak tersebut telah berada pada tahap perkembangan...Operasional formal
10. Penyeimbangan tendensi bawaan untuk mengorganisasikan pengalaman agar mendapatkan adaptasi yang maksimal, dalam teori kognitif disebut...Equilibirasi
Soal dan Kunci Tes Formatif M3 KB1 PPGDALJAB Pedagogik (Quiz M3 KB3)
1. Pengetahuan berasal dari sumber-sumber sosial, disamping individu sendiri harus aktif merupakan prinsip pembelajaran berdasarkan teori...Kokonstruktivistik
2. Salah satu ciri dari toeri ko-konstruktivistik adalah...Mengintegrasikan pengetahuan deklaratif dengan pengetahuan prosedural untuk memecahkan masalah
3. Pendekatan konstruktivistik dicobagunakan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa karena pendekatan ini...Menempatkan siswa sebagai "aktor" dalam belajar
4. Jarak antara perkembangan actual dan perkembangan potensial dalam teori kokonstrutivistik dikeal dengan...Zona Perkembangan Proksimal
5. Mind berfungsi sebagai alat menginterpretasi sehingga muncul makna yang unik, merupakan salah satu ciri belajar menurut teori...Konstruktivistik
6. Model belajar kelompok (kooperatif) dapat membantu siswa meningkatkan...Kemampuan sosial anak
7. Belajar merupakan pemaknaaan pengetahuan dan mengajar merupakan proses menggali makna hal tersebut merupakan ciri dari teori...Konstruktivistik
8. Ciri dari teori belajar konstruktivistik adalah....Aktivitas belajar dalam konteks nyata
9. Teori belajar ko-konstruktivistik menekankan proses pembelajaran pada...Belajar melalui bantuan orang lain
10. Untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran, karena pendekatan ini...Menempatkan siswa sebagai subjek belajar
1. Anak akan merasa belajar itu menyenangkan jika....Ada keterlibatan intelektual dan emosional anak
2. Tingkat tertinggi dari domain kognitif adalah...Kreatif
3. Sumbangan ide dari Hubernas terhadap teori humanistic adalah...Tipe-tipe belajar
4. Banyak menggunakan penalaran, kritis, suka menganalisis, berfikir rasional, kembali ke teori, konsep, hukum. Tidak suka pendapat yang subjektif, penuh pertimbangan, tidak suka spekulatif.Tegas/kuat pendiriannya, tidak mudah terpengaruh, menurut HONEY&MUMFORD merupakan ciri golongan...Teoritis
5. Agar pembelajaran menyenangkan bagi anak, upaya yang perlu dilakukan guru adalah
Mengaitkan materi pelajaran dengan pengalaman anak
6. Berpikir induktif membuat abstraksi, mengembangkan teori, konsep, hukum, prosedur terhadap objek perhatiannya, merupakan tahap belajar menurut Kolb, yaitu tahap...Tahap konseptualisasi
7. Belajar yang menekankan pada upaya agar seseorang mencapai suatu pemahaman dan kesadaran yang tinggi akan terjadinya perubahan atau transformasi budaya dalam lingkungan sosialnya. Merupakan ciri dari belajar...Emancipatory learning
8. Guru harus berupaya agar anak senang belajar dengan cara anak...Berani mengemukakan pendapat atau gagasannya
9. Belajar bagaimana seseorang dapat berinteraksi dengan lingkungan sosialnya, yaitu dengan orang-orang disekelilingnya dengan baik. Merupakan ciri dari belajar...Practical learning
10. Tokoh dari teori humanistic yang terkenal dengan pembagian domain hasil belajar adalah...Bloom & Krathwohl
Setelah anda mempelajari soal-soal tes formatif modul 3 KB 1 2 3 4, selanjutnya silahkan anda baca mengenai Soal dan Jawaban Tes Sumatif Modul 3 berikut ini!
Soal dan Kunci Tes Sumatif Modul 3 PPGDALJAB Pedagogik (Quiz M3)
1. Anak mampu menggunakan simbol atau bahasa tanda, dan mulai berkembangnya konsep-konsep intuitif, menunjukkan bahwa anak telah berada pada...Tahap praoperasional 2. Apakah yang dimaksud dengan Subsumptive Sequence? Urutan pengajaran dimulai dengan mengerjakan isi pengajaran secara umum ke yang lebih rinci
3. Hubungan antara stimulus dan respin menurut Skinner adalah...Interaksi antara stimulus dan respon memiliki konsekuensi yang menjadi akibat munculnya perilaku
4. Siswa terlepas dari sifatnya, dapat dilatih apapun, merupakan bagian penting ide pemikiran tentang belajar yang disampaikan oleh...Watson
5. Perubahan mental anak tergantung pada proses sosialnya yaitu bagaimana anak berinteraksi dengan lingkungan sosialnya merupakan kunci utama dari teori... Kokonstruktivistik
6. Domain tertinggi dalam domain afektif adalah...Pengalaman
7. Tujuan akhir pendidikan adalah menciptkan manusia yang mampu membuat sesuatu yang baru. Pernyataan ini merupakan pemikiran dari...Piaget
8. Apakah yang dimaksud dengan respon dalam teori behavioristik? Reaksi atau tanggapan terhadap stimulus
9. Stimulus dalam belajar hampir selalu dikaitkan dengan kebutuhan biologis, walaupun bentuk respon yang muncul dapatbermacam-macam. Pernyataan ini merupakan pemikiran yang disampaikan oleh...Clark Hull
10. Bu Rani sering memberikan stimulus kepada siswanya dengan keyakinan bahwa banyaknya stimulus yang diberikan akan membantu siswa memiliki respon yang sama. Berdasarkan pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa bu Rani menerapkan teori
Behavioristik
11. Pak Slamet memberikan tugas kepada siswanya untuk mengamati proses pertumbuhan kecambah dan meminta para siswa mendeskripsikan hasilnya sesuai dengan apa yang mereka amati. Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa pak Slamet telah menerapkan teori
Konstruktivistik
12. Domain tertinggi dalam domain psikomotorik adalah...Naturalisasi
13. Apakah yang dimaksud dengan akomodasi?Proses penyesuaian struktur kognitif ke dalam situasi yang baru
14. Teori free discovery learning merupakan teori yang diperkenalkan oleh...Brunner
15. Teori stimulus dan respon merupakan teori dari aliran behavioristik yaitu...Koneksionisme
16. Apabila individu menerima informasi atau pengalaman baru maka informasi tersebut akan dimodifikasi sehingga cocok dengan struktur kognitif yang telah dipunyainya, merupakan pengertian dari...Asimilasi
17. Apakah yang dimaksud dengan equilibrasi?Penyesuaian berkesinambungan
18. Ciri utama evaluasi dalam teori behavioristic adalah...Evaluasi belajar dipandang sebagai bagian yang terpisah dari kegiatan pembelajaran
19. Salah satu ciri pembelajaran tradisional adalah...Kurikulum disajikan dari bagian-bagian menuju keseluruhan dengan menekankan pada keterampilan-keterampilan dasar
20. Ketika siswa diberi tugas oleh guru ketika tugasnya ditambahkan maka ia akan semakin giat belajarnya. Merupakan contoh dari pelaksanaan teori...Behavioristik
21. Ciri utama dari teori belajar kognitif adalah...Mementingkan proses belajar daripada hasil belajarnya
22. Setiap siswa melakukan kegiatan baru akan membentuk jalur-jalur/sel orak baru dan jika mengulangi pengalaman/aktivitasnya akan mengembangkan jalur-jalur yang telah ada. Artinya....Kegiatan setiap hari merupakan pengalaman belajar
23. Bu Ani mengajar di siang hari untuk mata pelajaran yang memerlukan konsentrasi belajar tinggi. Bagaimana seharusnya Bu Ani melaksanakan pembelajaran pada siang hari ketika siswa sudah mulai lelah dan mengantuk?. Sebaiknya bu Ani menerapkan strategi pembelajaran... Pembelajaran atraktif yang menyenangkan siswa
24. Salah satu gunsi Advance organizer yang dikembangkan oleh Ausebel adalah....
Sebagai kerangka isi akan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mempelajari informasi baru
25. Perkembangan intelektual ditandai dengna adanya kemajuan dalam menanggapi suatu rangsangan. Pendapat tersebut merupakan pendapat yang disampaikan oleh...Brunner
26. Anak sudah mulai menggunakan aturan-aturan yang jelas dan logis, menunjukkan bahwa anak telah berada pada...Tahap operasional konkrit
27. Hirarkhi belajardan analisis tugas merupakan bentuk pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan teori...Kognitif
28. Bu Dewi membagi siswa dalam kelompok dengan tingkat kemampuan yang berbeda agar siswa yang satu dapat saling belajar dengan siswa yang lain. Apa yang dilakukan bu Dewi ini sesuai dengan teori...Kokonstruktivistik
29. Agar pembelajaran bermakna perbedaan pendapat perlu dihargai dan belajar eksprensial perlu dilakukan. Hal ini merupakan ciri belajar berdasarkan teori...Konstruktivistik
30. Guru memberikan umpan balik untuk meningkatkan kegiatan belajar siswa dapat dilakukan dengan cara...Memberikan nilai terhadap prestasinya
Untuk mendownload / melihat soal UP UKMPPG 2019 sesuai bidang anda silahkan klik pada alamat tautan yang tersemat di bawah ini:
Soal UP
Soal UP UKM PPG TK
Soal UP UKM PPG SD
Soal UP UKM PPG SMP
Soal UP UKM PPG SMA
Soal UP UKM PPG SMK
keyword:
soal up ppg 2019
soal up ppg 2018
soal up ppg bahasa inggris
soal up ppg bahasa inggris
latihan soal up ppg
soal up ppg 2019
soal up ppg 2018
soal up ppg
latihan soal up ppg
soal up ppg bahasa inggris
soal ukmppg matematika
soal ukmppg
soal ukmppg matematika
soal ppg pgsd
latihan soal up pgsd
soal up ukmppg pgsd
soal ppg pgsd
soal up pgsd
soal ppg bahasa indonesia
soal skb guru bahasa indonesia
soal ppg fisika
soal ppg kimia
soal ppg tk 2019
soal ppg guru tk
soal ppg tk 2019
soal ppg tk
soal ppg guru tk
soal up ppg
soal ppg sejarah
soal ppg pjok 2019
soal ppg pjok 2019
soal ppg pjok
soal ppg ips smp
soal ppg ips
soal ppg ips smp
soal ppg ipa kemenag
soal ppg ipa smp
soal ppg ipa smp
soal ppg ipa kemenag
soal ppg ipa
soal ppg pkn
Demikianlah artikel yang membahahas Rangkuman Pemetaan Modul Pedagogik TK SD, SMP, SMA/SMK, semoga dapat menambha wawasan dan membantu Bapak Ibu guru sekalian dalam menghadapi Soal dan Jawaban Tes Formatif dan Sumatif Modul 3 KB 1 2 3 4 (Pedagogik)