Mudah Inilah Cara Menginstall Linux Bash di Komputer Kamu

Daftar Isi [Tampil]
Mudah Inilah Cara Menginstall Linux Bash di Komputer Kamu - Siapa yang tidak kenal dengan linux? Linux adalah sistem operasi yang bersifat open source dan banyak komunitasnya di seluruh dunia. Setelah sebelumnya kita membahas tentang 15 Distro Linux Terbaik di Tahun 2019, nah kali ini mimin berkesempatan untuk menuliskan tutorial bagaimana cara menginstall linux bash di windows dengan sangat mudah.
Mudah Inilah Cara Menginstall Linux Bash di Komputer Kamu - hostze.net
Mudah Inilah Cara Menginstall Linux Bash di Komputer Kamu

Ingin bisa merasakan sensasi seperti Linux, tapi kamu tidak punya sistem operasi linux. Kamu pun bisa mencoba merasakan sensasi linux di windows kamu loh. Bagaimana sih caranya? Sudah pada penasaran bukan, ok langsung saja simak tulisan di bawah ini tentang cara menginstall linux bash di windows dengan mudah.

Pengertian Linux

Linux awalnya adalah sebuah kernel UNIX yang ditulis dan dibuat oleh seorang murid ilmu komputer berkebangsaan Finlandia bernama Linus Torvald pada tahun 1991. Linus awalnya hanya menulis kernel UNIX tersebut hanya untuk komputer miliknya sendiri. Dengan menggunakan Bahasa "C" dan di kompresi dengan menggunakan GNU C Compiler, Linus membuat OS Linux tanpa mengutip kode kernel UNIX, kernel UNIX hanya dijadikannya sebagai inspirasi oleh Linus. Kernel yang berhasil dibuat oleh Linus akhirnya di publish (di sebar luaskan) untuk kalangan luas dan bisa mengembangkan nya secara 'Free'. Itulah mengapa Sistem Operasi ini disebut Sistem Operasi Opensource, yaitu sistem operasi yang pengembangannya tidak dikoordinasi oleh seorang individu atau sebuah lembaga tertentu. Dan karena fitur Opensource inilah Linux jadi berkembang dengan sangat cepat. Contohnya saja Android, yang di dasari dari Sistem Operasi Linux.

BACA JUGA : Apa Itu Linux?

Macam - Macam Distro Linux

  1. Red Hat
  2. Salah satu distro linux yang dikembangkan oleh perusahaan Red Hat inc. Pada tahun 2003, Red Hat mengganti namanya menjadi Red Hat Enterprise Linux khusus untuk perusahaan. itulah kenapa, Red Hat kini menjadi berbayar.

  3. Manjaro
  4. Manjaro adalah salah satu distro linux yang berbasis dari arch linux, dan menggunakan tampilan desktop XFCE. Walaupun namanya tak familiar distro linux yang bernama manjaro ini menduduki peringkat ke-2 di distrowatch.

  5. CentOS
  6. Kepanjangan dari Community Enterprise Operating System, salah satu distro linux yang dikembangkan oleh The CentOS Project. Sistem operasi ini dibuat menggunakan kode sumber yang berasal dari Red Hat. Itulah kenapa tampilan pada CentOS ini sangat mirip dengan Red Hat.
    OS yang sangat banyak di pakai untuk keperluan server ini telah menduduki urutan ke-14 pada tahun 2019 ini di Distrowatch.

  7. Fedora
  8. Salah satu distro linux yang dikembangkan karena disponsori dan didukung oleh Red Hat namun dibuat oleh tim khusus bernama Fedora Project. Bahkan nama Fedora ini diambil dari salah satu karakter dalam logo Red Hat itu sendiri.

  9. OpenSUSE
  10. OpenSUSE Project selaku pihak pengembang menciptakan sistem operasi ini dengan tujuan agar penggunaan Linux dapat lebih maju dengan kinerjanya yang stabil dan ramah pengguna.

BACA JUGA : 15 Distro Linux Terbaik di Tahun 2019

Cara Menginstall Linux Bash di Windows

Nah sekarang kita masuk ke tutorial menginstallnya nih, ok tanpa perlu basa-basi lagi simak caranya di bawah ini.
  1. Kamu perlu meng-download git bash terlebih dahulu melalui website resminya di sini (Windows)
  2. Lalu tunggu hingga selesai ter-download
  3. Jalankan file installasinya
  4. Klik Next
    Menginstall Linux Bash Tahap 1 - Hostze.net
    Menginstall Linux Bash Tahap 1 - Hostze
  5. Klik Next lagi
    Menginstall Linux Bash Tahap 2 - Hostze.net
    Menginstall Linux Bash Tahap 2 - Hostze
  6. Klik Next lagi
    Menginstall Linux Bash Tahap 3 - Hostze.net
    Menginstall Linux Bash Tahap 3 - Hostze
  7. Klik Next lagi
    Menginstall Linux Bash Tahap 4 - Hostze.net
    Menginstall Linux Bash Tahap 4 - Hostze
  8. Klik Next lagi
    Menginstall Linux Bash Tahap 5 - Hostze.net
    Menginstall Linux Bash Tahap 5 - Hostze
  9. Klik Next lagi
    Menginstall Linux Bash Tahap 6 - Hostze.net
    Menginstall Linux Bash Tahap 6 - Hostze
  10. Klik Next lagi
    Menginstall Linux Bash Tahap 7 - Hostze.net
    Menginstall Linux Bash Tahap 7 - Hostze
  11. Klik Next lagi
    Menginstall Linux Bash Tahap 8 - Hostze.net
    Menginstall Linux Bash Tahap 8 - Hostze
  12. Setelah itu klik Install
    Menginstall Linux Bash Tahap 9 - Hostze.net
    Menginstall Linux Bash Tahap 9 - Hostze
  13. Dan sekarang kalian tinggal menunggu hingga proses installasi selesai
    Menginstall Linux Bash Tahap 10 - Hostze.net
    Menginstall Linux Bash Tahap 10 - Hostze
  14. Jika sudah selesai klik Finish
    Menjalankan Bash di Windows - Hostze.net
    Menjalankan Bash di Windows - Hostze.net
  15. Selesai, jika kamu ingin mencoba untuk menjalankan bash kamu, caranya cukup mudah tinggal ke cmd lalu ketikkan perintah "bash". Taraa sudah bisa kan bash di windowsnya
  16. bash
    Menjalankan Bash di Windows - Hostze.net
    Menjalankan Bash di Windows - Hostze

Nah itulah tadi cara menginstall linux bash di windows, Jika kalian masih bingung dengan cara diatas jangan sungkan, silahkan bertanya di kolom komentar yah..

Kesimpulan:
  1. Dengan menginstall git bash di windows kamu. Kamu mendapatkan 2 keuntungan sekaligus yang pertama, kamu bisa menjalankan bash dan yang kedua kamu bisa menjalankan git. Jadi tidak hanya bash saja.

Demikian artikel yang berjudul Mudah Inilah Cara Menginstall Linux Bash di Komputer Kamu semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel