Tes Formatif dan Sumatif Modul 1 2 3 4 5 6 Profesional TIK PPG Daring

Daftar Isi [Tampil]
PPG - Selamat datang di kelas online, menginjak tahun pelajaran 2019/2020, berikut admin sampaikan mengenai Tips lulus PPG, Kumpulan Soal, Jawaban dan Pembahasan UP UKM PPG 2019/2020.


Nah, pada kesempatan ini kami akan khusus membahas mengenai  SOAL UJIAN FORMATIF PPG PROFESIONAL. Perlu diketahui bersama bahwa pelaksanaan UP UKM PPG tentunya setelah Bapak/Ibu guru telah selesai menyelesaikan tugas akhir dan mengerjakan soal-soal formatif dan sumatif modul 1 2 3 4 5 6 kompetensi pedagogik dan juga menyelesaikan semua modul di kompetensi profesional.

Bagi Bapak/Ibu yang sedang melaksanakan ppg daring ataupun yang sedang bersiap siap mengikuti UP UKM PPG 2019/2020, berikut Tes Formatif Modul 1 2 3 4 5 6 Profesional KB 1 2 3 4 PPG Daring

Untuk tes sumatif modul 1 2 3 4 5 6 kompetensi pedagogik PPG akan admin berikan kunci jawaban tes sumatif modul 1 2 3 4 5 6 ppg ini dengan cuma-cuma dan tentunya terpercaya dengan hasil diatas KKM. Soal daring ppg untuk tes sumatif M1 M2 M3 M4 M5 M6 ini hanya dapat dilakukan sebanyak 1 kali saja, jadi ini dapat sahabat jadikan sebagai referensi dan bocoran soal sumatif ppg. Kumpulan sumatif ppg untuk modul yang lain juga terdapat dalam web ini, silahkan sahabat klik link yang admin berikan dibawah ini :


Quiz Sumatif Modul 5

Question 1 (1 point)
Prinsip kerja kamera adalah:
Menangkap cahayA.
Membiaskan cahayA.
Meredam cahayA.
Memantulkan cahayA.


Question 2 (1 point)
Proportion ( perbandingan / keserasian ) termasuk ke dalam
Unsur – unsur perancangan
Perspektif bentuk
Prinsip – prinsip dasar rancangan
Tujuan perancangan

Question 3 (1 point)
Salah satu prinsip keindahan bentuk adalah keseimbangan. keseimbangan yang memiliki kesamaan polanya bukan hanya di antara ruang sebelah kiri dan ruang sebelah kanan saja, melainkan juga antara ruang sebelah atas dan ruang sebelah bawah disebut dengan keseimbangan ....
Keseimbangan tersembunyi (axial balance)
Keseimbangan memancar (radial balance)
Keseimbangan simetris (symmetrical balance)
Keseimbangan sederajat (obvious balance)

Question 4 (1 point)
Sebuah aplikasi yang menggunakan antarmuka harus mampu membantu para user dalam menyelesaikan tugasnyA. Ini adalah prinsip:
workflow compatibility
task compatibility
product compatibility
user compatibility

Question 5 (1 point)
Secara etimologis, nirmana sendiri mempunyai maknA
Tidak bermakna
Tidak berbentuk
Tidak berwarna
Tidak bermula

Question 6 (1 point)
Selain warna merah yang dapat menimbulkan kesan penambah nafsu makan, kebanyakan toko makanan / restaurant memilih warna kuning sebagai branding perusahaannya karena warna kuning memberikan kesan....
Kehangatan dan keramahan
Kesegaran dan kesuburan
Kemurahan hati dan ketenangan
Kesehatan dan kebugaran

Question 7 (1 point)
Struktur navigasi yang berbentuk seperti tangga atau pohon, dimana masing–masing obyek menyediakan sebuah menu pilihan yang memiliki lebih banyak menu dengan banyak pilihan adalah:
Struktur jaringan
Struktur hirarki
Struktur kombinasi.
Struktur linear

Question 8 (1 point)
Suatu proses memilih, mengatur dan menyusun shot-shot menjadi satu scene, menyusun dan mengatur scene-scene menjadi sequence yang akhirnya merupakan rangkaian shot yang bertutur tentang suatu cerita yang utuh. Proses ini disebut:
Shot
Framing
Editing
Kompilasi

Question 9 (1 point)
Suatu susunan irama yang memiliki hubungan pengulangan dengan perbedaan pada satu atau beberapa unsur/elemen seni/rupa yang digunakan hasilnya kontras adalah
Transisi
Harmoni
Repetisi
Oposisi

Question 10 (1 point)
Sumber cahaya sekunder dan ditempatkan di sisi berlawanan dari subyek adalah:
Fill light
Low light
Key light
Back light

Question 11 (1 point)
Susunan ini hasilnya monoton, ada kesan resmi, rapi, terlihat statis dan menjemukan adalah susunan
Transisi
Harmonis
Repetisi
Kontras

Question 12 (1 point)
Teknik pengambilan gambar yang dilakukan dengan ketinggian kamera berada di atas ketinggian obyek dikenal dengan istilah:
Straight Angle
Bird Eye View
Frog eye
High Angle


Question 13 (1 point)
Tempat untuk menyusun dan menempatkan klip/footage untuk kemudian diedit pada Adobe Premiere Pro CS4 adalah:
Sequence Monitor Window
Monitor Window
Source Monitor Window
Timeline Window

Question 14 (1 point)
Tingkat kepekaan sensor atau film dalam merekam cahaya disebut:
Aperture (Diafragma)
Zoom
Shuter Speed
ISO

Question 15 (1 point)
Tipe antarmuka di mana user mengisi area-area yang telah disediakan adalah tipe:
direct manipulation
command language.
menu selection
form fill in

Question 16 (1 point)
Tool pada Adobe Flash yang berfungsi untuk memotong gambar secara manual adalah:
Brush Tool
Arrow Tool
Hand Tool
Lasso Tool


Question 17 (1 point)
Tool pada Adobe Flash yang digunakan untuk memilih atau memberi warna pada suatu garis adalah:
Line Tool
Stroke Color
Swap Color
Fill Color

Question 18 (1 point)
Tool pada Adobe Flash yang digunakan untuk menggeser tampilan stage tanpa mengubah pembesaran adalah:
Hand Tool
Eye Dropper Tool
Paintbucket Tool
Ink Bottle tool

Question 19 (1 point)
Ukuran besar kecilnya bukaan lensa disebut:
Aperture (Diafragma)
Zoom
ISO
Shuter Speed

Question 20 (1 point)
Ukuran suatu garis pada konseptual nirmana bukan ukuran sentimeter ataupun meter tetapi ukurannya bersifat nisbi, hal ini berarti ....
ukuran garis tidak dipengaruhi bidang ataupun ruang
ukuran garis dapat bernentuk lurus, lengkung, rata, berombak yang memberntuk irama
ukuran garis berupa horizontal, diagonal ataupun vertikal
ukuran panjang, tinggi, besar dipengaruhi bidang atau ruang dimana garis itu berada


Question 21 (1 point)
Antarmuka pemakai (User Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara:
pengguna (user) dengan sistem.
pengguna (user) dengan pengembang sistem.
pengguna (user) dengan pengguna (user).
pengguna (user) dengan hardware

Question 22 (1 point)
Berdasarkan gambar berikut ini, manakah susunan warna yang termasuk ke dalam warna triad komplementer ....
merah ungu (MU) - ungu (U) - biru ungu (BU)
hijau (H) - biru (B) - ungu (U)
kuning jingga (KJ) - merah ungu (MU) - biru ungu (BU) - kuning hijau (KH)
hijau (H) - biru (B) - ungu (U)

Question 23 (1 point)
Berikut ini adalah format yang digunakan dalam membuat storyboard multimedia interaktif, kecuali:
Double coloum
Landscape
Portrait
Kartu

Question 24 (1 point)
Berikut ini adalah jenis-jenis metering, kecuali:
Balance metering
Spot metering
Center weight metering
Matrix metering


Question 25 (1 point)
Berikut ini adalah prinsip yang perlu diperhatikan agar pengambilan gambar yang akan dilakukan mempunyai nuansa sistemik, kecuali:
Scene
Continuity
Close up
Camera angle

Question 26 (1 point)
Berikut ini adalah prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam pembuatan suatu antarmuka sebuah aplikasi, kecuali:
Familiarity
Consistency
Usability.
Simplicity

Question 27 (1 point)
Berikut ini adalah struktur film, kecuali:
Shot
Sequence
Scene
Framing

Question 28 (1 point)
Berikut ini adalah tipe teks pada Adobe Flash, kecuali:
Input Text.
Output text.
Dynamic Text.
Static Text.


Question 29 (1 point)
Berikut ini adalah triangle fotografi, kecuali:
Shuter Speed
ISO
Aperture (Diafragma)
Zoom

Question 30 (1 point)
Berikut ini adalah unsur Three points lighting, kecuali:
Fill light
Key light
Back light
Low light

Question 31 (1 point)
Berikut ini adalah unsur-unsur komposisi fotografi, kecuali:
Rule of Third
Kurva
Exposure
Simplicity

Question 32 (1 point)
Berikut ini adalah unsur-unsur sinematografi, kecuali:
Framing
Durasi gambar
Kamera dan film
Skenario


Question 33 (1 point)
Berikut ini yang termasuk ke dalam prinsip keindahan bentuk nirmana adalah
Tekstur
Keterpaduan
Titik
Garis

Question 34 (1 point)
Berikut ini yang termasuk ke dalam unsur-unsur konseptual nirmana adalah
Question 34 options:
Tekstur
Bentuk
Warna
Gempal

Question 35 (1 point)
Berikut ini yang termasuk ke dalam unsur-unsur visual nirmana adalah, kecuali ...
Gempal
Bentuk
Titik
Garis

Question 36 (1 point)
Dari gambar berikut ini yang termasuk kedalam warna dmau adalah
Hijau – merah
Merah – jingga
Hijau – biru
Kuning – biru


Question 37 (1 point)
Film Seluloid yang pertama diperkenalkan pada tahun:
1878
1887
1891
1895

Question 38 (1 point)
Foto berwarna yang pertama diperkenalkan oleh:
Richard Maddox
John Herschel
James Clerk Maxwell
Frederick Scott Archer

Question 39 (1 point)
Fungsi Anchor Point pada Adobe Premiere adalah:
mengatur skala klip.
mengatur rotasi atau perputaran klip.
mengatur letak atau posisi klip.
mengatur letak titik pusat perputaran klip.

Question 40 (1 point)
Fungsi image stabilizer adalah:
Menstabilkan objek bergerak
Memperbesar gambar
Menstabilkan goncangan tangan
Menstabilkan warna


Question 41 (1 point)
Gambar berikut merupakan interval tangga dari ?
interval tangga jarak
interval tangga raut bidang
interval tangga ukuran bidang
interval tangga arah bidang

Question 42 (1 point)
Gambar di atas adalah gambar…..
Pengatur fokus.
Filter
Gelang Kamera
Lensa

Question 43 (1 point)
Gambar di bawah ini adalah:
Tombol Set Out Point
Toggle Take Audio
Toggle Take Video
Tombol Set In Point

Question 44 (1 point)
Jenis kamera yang pembidikannya secara langsung tanpa melalui lensa utama adalah:
Kamera Large Format
Kamera Range Finder
Kamera SLR
Kamera Pocket
Question 45 (1 point)
Jenis lensa yang memiliki fokus yang sesuai dengan pandangan mata manusia adalah:
Wide Angle Lens
Lensa Standar
Fish Eye Lens
Lensa Tele
Question 46 (1 point)
Jika mengmaukan warna hijau, kita harus mencampurkan warna
Kuning dan biru
Merah dan kuning
Merah dan biru
Biru dan merah

Question 47 (1 point)
Jika mengmaukan warna ungu, kita harus mencampurkan warn
Kuning dan biru
Biru dan merah
Merah dan biru
Merah dan kuning

Question 48 (1 point)
Kamera video yang digunakan untuk keperluan sehari-hari dengan kecenderungan pengguna kalangan yang memiliki hobi di bidang videografi, adalah:
Kamera Studio
Kamera consumer
Kamera Prosumer
Kamera Professional

Question 49 (1 point)
Kecepatan terbuka sampai tertutupnya tirai (rana) pada kamera digital disebut:
ISO
Zoom
Aperture (Diafragma)
Shuter Speed


Question 50 (1 point)
Komponen berikut ini adalah komponen penilaian pada aspek Komunikasi Visual, kecuali:
Interaksi pengguna dengan aplikasi.
Animasi/video yang digunakan sudah sesuai.
Kesederhanaan fungsi navigasi menu.
Format teks dan kombinasi warnA.

Question 51 (1 point)
Komponen berikut ini adalah komponen penilaian pada aspek Rekayasa Perangkat Lunak, kecuali:
Penggunaan backsounD.
Kemudahan pengoperasian aplikasi.
Kelengkapan menu navigasi.
Fungsionalitas menu yang tersediA.

Question 52 (1 point)
Model pembelajaran yang berisi percakapan atau dialog antara pengguna dengan komputer dalam natural language adalah:
Tutorial
Simulasi
Drill and practice
Socratic

Question 53 (1 point)
Model pembelajaran yang memperagakan sesuatu (keterampilan) sehingga pengguna merasa seperti berada dalam keadaan yang sebenarnya adalah:
Tutorial
Simulasi
Drill and practice
Hybrid


Question 54 (1 point)
Model pembelajaran yang memuat penjelasan, rumus, prinsip, bagan, tabel, definisi istilah, latihan dan branching yang sesuai adalah:
Socratic
Hybrid
Inquiry
Tutorial

Question 55 (1 point)
Pengambilan gambar dari belakang obyek, biasanya obyek tersebut hanya terlihat kepala atau bahunya saja, dikenal dengan istilah:
Profil Shot
Reflection Shot
Over Shoulder
Jaws Shot

Question 56 (1 point)
Pengambilan gambar obyek dari dagu hingga kepala, dikenal dengan istilah:
Medium Close Up (MCU)
Close up (CU)
Extreme Close Up (ECU)
Big Close Up (BCU)

Question 57 (1 point)
Pengambilan gambar obyek dengan fisik manusia tampak jelas namun latar belakang masih dominan, dikenal dengan istilah:
Long shot (LS)
Medium long shot (MLS)
Extreme long shot (ELS)
Full Shot (FS)



Question 58 (1 point)
Pengambilan gambar sosok manusia mulai mendominasi dalam frame. Tubuh manusia tampak dari dada ke atas hingga kepala, dikenal dengan istilah:
Medium long shot (MLS)
Close up (CU)
Medium Close Up (MCU)
Full Shot (FS)

Question 59 (1 point)
Pergerakan horizontal kamera dari kiri ke kanan atau sebaliknya, dikenal dengan istilah:
Zooming
Tilting
Tracking
Panning

Question 60 (1 point)
Pergerakan vertikal kamera dari atas ke bawah atau sebaliknya, dikenal dengan istilah:
Tilting
Zooming
Panning
Dolly

Selengkapnya, untuk soal Tes Sumatif Modul 1 2 3 4 5 6 Profesional TIK PPG Daring klik disini

Berbeda dengan tes sumatif, kesempatan yang diberikan pada tes formatif sebanyak 3 kali. jadi, anda tidak usah cemas apabila belum dapat memenuhi KKM untuk tes formatif ini. Karena bakal dikasi kesempatan 2x lagi. Adapun untuk soal dan jawaban disertai pembahasan untuk tes formatif kompetensi pedagogik dari modul 1 2 3 4 5 6 KB 1 2 3 4 bisa dilihat dibawah ini:

Tes Formatif M5 KB 1

Question 1 (1 point)
Raut bidang dengan dua interval tangga berjauhan (raut bidang yang berbeda), hasilnya kontras, keras, tajam adalah
Susunan oposisi
Susunan transisi
Susunan gabungan
Susunan repetisi


Question 2 (1 point)
Menyusun garis dengan dua atau tiga interval garis yang berjauhan disebut
Preposisi
Oposisi
Komposisi
Gempal

Question 3 (1 point)
Warna yang kesannya energi dan keceriaan, kejayaan, kemegahan, kemuliaan, dan kekuataan adalah
Hijau
Kuning
Putih
Biru

Question 4 (1 point)
Ciri khas dari suatu raut dapat berupa kasar, halus, polos, bermotif, keras dan lain sebagainya dan hal ini disebut
Profil
Bidang
Raut
Tekstur

Question 5 (1 point)
Bidang-bidang yang dibatasi garis lengkung-lengkung bebas disebut
bidang gabungan.
bidang bersudut bebas.
bidang mayA.
bidang organik.

Question 6 (1 point)
Berikut ini adalah warna tersier, kecuali:
Coklat kuning
Coklat biru
Coklat jingga
Coklat merah

Question 7 (1 point)
Arah saat kita menggoreskan garis disebut
Interval garis
Kontras
Komposisi garis
Gerak garis

Question 8 (1 point)
Suatu hasil goresan nyata dan batas limit suatu benda, ruang, rangkaian masa, dan warna, disebut dengan
Question 8 options:
Titik
Bidang.
Gempal.
Garis

Question 9 (1 point)
Bidang-bidang yang dibatasi garis patah-patah bebas, disebut
bidang organik.
bidang gabungan
bidang bersudut bebas.
bidang mayA.

Question 10 (1 point)
Raut bidang yang memadukan raut bidang dengan dua atau tiga interval yang berdekatan adalah
Susunan oposisi
Susunan transisi
Susunan repetisi
Susunan gabungan

Question 11 (1 point)
Bidang teratur yang dibuat secara matematika, disebut
Komposisi
Interval
Non geometri
Geometri

Question 12 (1 point)
Susunan yang hasilnya monoton, ada kesan resmi, rapi, terlihat statis dan menjemukan adalah
Susunan oposisi
Susunan gabungan
Susunan repetisi
Susunan transisi.

Question 13 (1 point)
Jenis irama dengan gerak pengulangan dalam pertentangan-pertentangan secara teratur, runtut, terus menerus, bak sebuah aliran yang mengalir penuh vitalitas disebut
Irama Laras Harmonis
Irama Laras Kontras
Irama Laras Tunggal
Irama Laras Ganda

Question 14 (1 point)
Keseimbangan yang kesamaan polanya bukan hanya di antara ruang sebelah kiri dan ruang sebelah kanan saja, melainkan juga antara ruang sebelah atas dan ruang sebelah bawah adalah
Keseimbangan tersembunyi
Keseimbangan simetris
Keseimbangan memancar
Keseimbangan sederajat

Question 15 (1 point)
bentuk bidang yang seolah terpelintir, ada lipatan, disebut
Question 15 options:
bidang organik.
bidang bersudut bebas.
bidang mayA.
bidang gabungan.

Question 16 (1 point)
Salah satu prinsip dasar tata rupa yang mengandung unsur keunggulan, keistimewaan, keunikan, keganjilan, dan menarik perhatian adalah
Keseimbangan
Oposisi
Dominasi
Kesatuan

Question 17 (1 point)
Ciri khas dari elemen titik adalah
ukurannya yang kecil dan rautnya sangat sederhanA.
ukurannya yang kecil dan rautnya sederhanA.
ukurannya yang sederhana dan rautnya kecil
ukurannya yang sangat sederhana dan rautnya kecil.

Question 18 (1 point)
Berikut ini adalah tiga dimensi warna yang sangat besar pengaruhnya terhadap tata rupa, kecuali:
Hue
Value
Contrast
Chroma

Question 19 (1 point)
Warna yang kesannya dmau adalah
Kuning
Ungu
Merah
Jingga

Question 20 (1 point)
Warna pokok subtractive adalah:
cyan, magenta, dan kuning.
cyan, merah, dan kuning.
cyan, magenta, dan hijau.
cyan, magenta, dan orange.



tes formatif modul 5  kb2 TIK

Question 1 (1 point)
Aksesories kamera yang memberikan efek-efek khusus pada foto adalah
Tripod
Filter
Blitz
Lensa


Question 2 (1 point)
Alat yang digunakan untuk mengukur intensitas cahaya pada fotografi adalah
Luxmeter
Tachometer
Avometer
Lightmeter

Question 3 (1 point)
CCD pada kamera digital berfungsi sebagai
Sensor cahaya
Pemantul cahaya
Sensor objek
Penangkap cahaya

Question 4 (1 point)
Daerah tajam atau daerah fokus yang disebut
White balance
Depth Of Field
Focal Length
Golden Section

Question 5 (1 point)

Fitur kamera yang berfungsi untuk menstabilkan goncangan tangan kita adalah
Zoom
Shutter speed
Image Stabilizer
Tripod

Question 6 (1 point)
Jenis kamera yang biasanya hanya digunakan untuk pemotretan yang lebih khusus seperti foto udara dan foto arsitektur dari jarak dekat tanpa menimbulkan distorsi adalah
Kamera Instan
Kamera SLR
Kamera Medium Format
Kamera Large Format

Question 7 (1 point)
Jenis kamera yang pembidikannya dipantulkan melalui prisma dan cermin lalu diteruskan pada lensa utama sehingga tidak terjadi efek paralaks adalah
Kamera Pocket
Kamera SLR
Kamera Range Finder
Kamera Medium Format

Question 8 (1 point)
Lamanya waktu penyinaran sensor pada kamera digital, dan film pada kamera disebut
Question 8 options:
Aperture
ISO
Shutter Speed
Exposure

Question 9 (1 point)
Lensa yang memiliki fokus 50 mm adalah
Lensa Standar
Lensa Tele
Lensa Sudut Lebar
Lensa Mata Ikan

Question 10 (1 point)
Panduan komposisi yang didasarkan pada perhitungan matematika yang unik adalah
Kurva
Rule of Third
Simplicity
Golden Mean

Question 11 (1 point)
Penemu ilm negatif dengan larutan Sodium thiosulfate/hyposulfite of soda yang disebut hypo, adalah
John Herschel
Eadweard Muybridge
James Clerk Maxwell
Richard Maddox

Question 12 (1 point)
Penemu xenon flash lamp dan strobe photography adalah
Question 12 options:
Arthur Korn
Gabriel Lippmann
Doc Harold Edgerton
Yasujiro Niwa

Question 13 (1 point)
Proses mengukur seberapa terang objek foto supaya kamera bisa mendapatkan exposure yang tepat disebut
Question 13 options:
Metering
Panning
Crabbing
Zooming

Question 14 (1 point)
Tingkat kepekaan sensor atau film dalam merekam cahaya disebut
Aperture
ISO
Shutter Speed
Exposure

Question 15 (1 point)
Ukuran besar kecilnya bukaan lensa disebut
Shutter Speed
Exposure
Aperture
ISO


Quiz M5 KB 3

Question 1 (1 point)
Bagian kamera yang berfungsi sebagai jendela pengamat untuk bisa melihat obyek yang masuk ke dalam kamera adalah
Exposure
White balance
Aperture
View finder


Question 2 (1 point)
Berikut ini adalah fungsi dasar tata cahaya/lampu, kecuali:
efek
dimensi
atmosfir
penerangan

Question 3 (1 point)
Berikut ini adalah hal-hal yang harus dilakukan oleh seorang editor ketika melakukan tugas editing, kecuali:
Memilih jenis transisi yang digunakan.
Memilih shot.
Membentuk irama/tempo.
Menentukan Camera Angle.

Question 4 (1 point)
Berikut ini adalah isi dari Tab Effects Adobe Premiere, kecuali:
Audio Transitions
Video Transitions
Track Selection
Video Effects

Question 5 (1 point)
Berikut ini adalah isi dari Tools Window Adobe Premiere, kecuali:
Rate Scracth
Track Selection
Rooling Edit
Transitions

Question 6 (1 point)
Bidang pandang yang memperlihatkan komposisi obyek secara total, dari ujung kepala hingga ujung kaki (bila obyek manusia) adalah:
Full Shot (FS)
Long Shot (LS)
Extreme Long Shot (ELS)
Medium Shot (MS)

Question 7 (1 point)
Bidang pandang yang memperlihatkan tubuh manusia tampak dari dada ke atas hingga kepala adalah:
Medium Shot (MS)
Full Shot (FS)
Medium Long Shot (MLS)
Medium Close Up (MCU)

Question 8 (1 point)
Bidang pandang yang memperlihatkan tubuh manusia terlihat dari leher bagian bawah hingga kepala adalah:
Medium Close Up (MCU)
Extreme Close Up (ECU)
Big Close Up (BCU)
Close Up (CU)

Question 9 (1 point)
Bidang pandang yang memperlihatkan tubuh manusia terlihat dari pinggang ke atas hingga kepala adalah:
Long Shot (LS)
Medium Long Shot (MLS)
Medium Shot (MS)
Extreme Long Shot (ELS)

Question 10 (1 point)
Efek yang terjadi adalah obyek terlihat tidak jelas, sementara background tampak terang benderang. Pengambilan gambar ini disebut
Door Frame Shot
Reflection Shot
Backlight Shot
Artificial Framing Shot

Question 11 (1 point)
Gabungan dari scene-scene disebut
Transition
Frame
Sequence
Shot

Question 12 (1 point)
Gerakan kamera maju mendekati obyek disebut
Zoom in
Dolly out
Zoom out
Dolly in

Question 13 (1 point)
Jenis kamera yang didesain untuk keperluan sehari-hari dengan kecenderungan pengguna kalangan yang memiliki hobi di bidang videografi adalah kamera
Consumer
Professional
DSLR
Prosumer

Question 14 (1 point)
Jenis kamera yang dikenal dengan kamera home industry adalah kamera
Prosumer
Prosumer dan Consumer
Consumer
Professional

Question 15 (1 point)
Jenis lensa dibedakan menurut
wide angle
Body Kamera
Focal Length
Kemampuan menangkap obyek.

Question 16 (1 point)
Jika dua orang sedang berdialog, tetapi pengambilan gambarnya dari samping, kamera satu memperlihatkan orang pertama dan kamera dua memperlihatkan orang keduA. Teknik ini disebut
Walking Shot
Over Shoulder
Artificial Hairlight
Profil Shot

Question 17 (1 point)
Juru kamera menempatkan benda-benda di depan kamera sehingga efek yang muncul adalah keindahan karena kamera tidak langsung membidik obyek, tetapi terhalangi oleh benda yang menjadi foregrounD. Teknik ini disebut
Jaws Shot
Artificial Framing Shot
Door Frame Shot
Backlight Shot

Question 18 (1 point)
Kegiatan merekam gambar mulai kamera diaktifkan (on) hingga kamera dihentikan (off), disebut
1 action
1 frame
1 Scene
1 shot

Question 19 (1 point)
Lamanya sebuah obyek diambil gambarnya oleh kamera disebut
Durasi
Zooming
Framing
Exposure

Question 20 (1 point)
Langkah pertama yang dilakukan untuk mengatur tampilan klip yang ada di dalam Track Video Adobe Premiere adalah:
Memilih style tampilan klip menggunakan tombol Set Display Style yang ada di dalam Track Video 1
Memilih salah satu klip yang ada di dalam Project Window, kemudian drag ke dalam Timeline Window dan letakkan pada Track Video 1.
Meng-klik tombol Set Display Style
Meng-klik tombol panah Collapse/Expand Track yang berada pada Track Video 1.


Question 21 (1 point)
Memotong klip menggunakan tombol
Delete
Cut
Razor Tools
Anchor Point

Question 22 (1 point)
Pergerakan horizontal kamera dari kiri ke kanan atau sebaliknya disebut dengan istilah
Tilting
Tracking
Panning
Zooming

Question 23 (1 point)
Pergerakan vertikal kamera dari atas ke bawah atau sebaliknya disebut dengan istilah
Zooming
Tracking
Panning
Tilting

Question 24 (1 point)
Perpindahan gambar secara tumpang tindih dari akhir suatu shot dengan awal dari suatu shot berikutnya adalah jenis transisi
Fade
Cut
Dissolve
Wipe

Question 25 (1 point)
Perpindahan shot di mana gambar berubah secara berangsur-angsur menjadi semakin tampak jelas adalah jenis transisi
Wipe
Dissolve
Fade-Out
Fade-In

Question 26 (1 point)
Prinsip yang menyatakan bahwa mata kamera adalah mata penonton adalah
Composition
Continuity
Camera Angle
Close up

Question 27 (1 point)
Proses memilih, mengatur dan menyusun shot-shot menjadi satu scene, menyusun dan mengatur scene-scene menjadi sequence yang akhirnya merupakan rangkaian shot yang bertutur tentang suatu cerita yang utuh disebut dengan proses
Rendering
Composition
Editing
Shooting

Question 28 (1 point)
Prosumer, kecuali:
Tidak tahan banting tetapi tidak ringkih.
Penggunanya adalah home industry atau mendekati professional.
Fitur yang disediakan serba otomatis.
Sudah memiliki beberapa fitur manual.

Question 29 (1 point)
Sejumlah lembaran metal tipis yang disusun sedemikian rupa sehingga bisa dibuka dan ditutup untuk mengatur banyaknya sinar yang masuk ke lensa kamera disebut
Gain
Aperture
White balance
Filter Colour

Question 30 (1 point)
Seolah-olah obyek tidak tahu jika gambarnya akan di-shoot sehingga ketika kamera menyorot ke arahnya dia terlihat kaget, tapi dalam situasi yang dramatik. Teknik ini disebut
Door Frame Shot
Jaws Shot
Backlight Shot
Artificial Framing Shot

Question 31 (1 point)
Sistem televisi NTSC digunakan di
Indonesia
Eropa
Amerika Serikat
Perancis

Question 32 (1 point)
Sistem televisi PAL digunakan di
Amerika Serikat
Belanda
Perancis
Indonesia

Question 33 (1 point)
Sistem televisi SECAM memiliki kemampuan merekam gambar
925 garis perdetik
825 garis perdetik
525 garis perdetik
625 garis perdetik

Question 34 (1 point)
Sumber cahaya yang ditempatkan di antara sisi kamera dan subjek sedemikian rupa (biasanya membentuk sudut 45o) sehingga satu sisi subjek akan terang, tetapi sisi lain agak gelap. Sumber cahaya ini disebut
Key light
Fill light
Front light
Back light

Question 35 (1 point)
Sumber cahaya yang ditempatkan di sisi berlawanan dari subjek (membentuk sudut -45o) adalah sumber cahaya
Front light
Back light
Fill light
Key light

Question 36 (1 point)
Tata cahaya yang membagi sisi gelap dan terang atas obyek yang disinari sehingga membantu perspektif tata panggung. Prinsip ini disebut
efek
atmosfir
dimensi
penerangan

Question 37 (1 point)
Teknik pengambilan gambar dari atas obyek yang diarahkan ke bawah sehingga mengesankan obyek terlihat kecil adalah teknik:
High Angle
Bird Eye View
Straight Angle
Frog eye

Question 38 (1 point)
Teknik pengambilan gambar yang dilakukan dengan ketinggian kamera berada di atas ketinggian obyek. Hasilnya akan terlihat lingkungan yang luas dan benda-benda lain tampak kecil adalah teknik:
Low Angle
Bird Eye View
Straight Angle
High Angle

Question 39 (1 point)
Tempat di mana Anda menyimpan klip/footage yang berupa file image, audio, title, dan video yang akan digunakan dalam proses editing pada Adobe Premiere adalah:
Project window
Tools window
Monitor window
Timeline window

Question 40 (1 point)
Tempat untuk menyusun dan menempatkan klip/footage untuk kemudian diedit pada Adobe Premiere adalah:
Monitor window
Tools window
Project window
Timeline window




Quiz M5 KB4

Question 1 (1 point)
Area pada Adobe Flash untuk berkreasi dalam membuat animasi yang digunakan untuk mengkomposisi frame-frame secara individual dalam sebuah movie adalah:
Toolbox
Timeline
Stage
Properties


Question 2 (1 point)
Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat multimedia interaktif agar menjadi menarik, kecuali
Menentukan biaya proyek
Memahami Audien
Desain Tampilan
Menentukan tujuan proyek

Question 3 (1 point)
Berikut ini adalah fungsi multimedia dalam kegiatan pembelajaran, kecuali:
Suplemen
Komplemen
Substitusi
Pengembang

Question 4 (1 point)
Berikut ini adalah unsur-unsur yang harus ada ppada storyboard, kecuali:
Script audio
Instruksi untuk pemrograman
Tata cahaya
deskripsi detail video

Question 5 (1 point)
Model yang banyak digunakan pada pembelajaran materi yang membahayakan, sulit, atau memerlukan biaya tinggi adalah
Simulasi
Drill and Practice
Socratic
Inquiry

Question 6 (1 point)
Model yang berisi percakapan atau dialog antara pengguna dengan komputer dalam natural language adalah model
Simulasi
Informational
Socratic
Hybrid

Question 7 (1 point)
Model yang bertujuan untuk menyampaikan atau menjelaskan materi tertentu, komputer menyampaikan materi, mengajukan pertanyaan, dan memberikan umpan balik sesuai dengan jawaban pengguna adalah model
Drill and Practice
Informational
Simulasi
Tutorial

Question 8 (1 point)
Model yang didesain dengan memanfaatkan sifat kompetitif pengguna untuk memotivasi dan meningkatkan minat belajar adalah model
Instructional games
Drill and practice
Hybrid
Socratic

Question 9 (1 point)
Model yang tidak menampilkan suatu instruksi, tetapi hanya mempraktekkan konsep yang sudah ada adalah
Socratic
Drill and Practice
Simulasi
Inquiry

Question 10 (1 point)
Prinsip interaktif yang menyatakan bahwa sebuah aplikasi yang menggunakan antarmuka harus mampu membantu para user dalam menyelesaikan tugasnya adalah:
product compatibility
task compatibility
workflow compatibility
user compatibility

Question 11 (1 point)
Prinsip interaktif yang menyatakan bahwa sebuah aplikasi yang menggunakan antarmuka harus sesuai dengan sistem aslinya adalah:
task compatibility
familiarity
product compatibility
consistency

Question 12 (1 point)
Sebuah jendela panel pada Adobe Flash yang digunakan untuk mengelompokkan dan mengatur isi sebuah movie, pengaturan tersebut meliputi penentuan masa tayang objek, pengaturan layer, dan lain-lain adalah:
Properties
Panels
Timeline
Menu Bar

Question 13 (1 point)
Struktur navigasi seperti tangga atau pohon, dimana masing–masing obyek menyediakan sebuah menu pilihan yang memiliki lebih banyak menu dengan banyak pilihan adalah struktur
Linear
Hirarki
Jaringan
Kombinasi

Question 14 (1 point)
Struktur navigasi yang paling kompleks dengan banyak obyek dalam setiap arah pada setiap obyek dalam aplikasi multimedia adalah struktur
Hirarki
Kombinasi
Linear
Jaringan

Question 15 (1 point)
Unsur multinedia interaktif yang merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem disebut
Question 15 options:
Diagram Konteks
User Interface
DFD
Flowchart

Untuk mendownload / melihat soal UP UKMPPG 2019 sesuai bidang anda silahkan klik pada alamat tautan yang tersemat di bawah ini:

Soal UP 
Soal UP UKM PPG TK
Soal UP UKM PPG SD
Soal UP UKM PPG SMP
Soal UP UKM PPG SMA
Soal UP UKM PPG SMK

keyword:
soal up ppg 2019
soal up ppg 2018
soal up ppg bahasa inggris
soal up ppg bahasa inggris
latihan soal up ppg
soal up ppg 2019
soal up ppg 2018
soal up ppg
latihan soal up ppg
soal up ppg bahasa inggris
soal ukmppg matematika
soal ukmppg
soal ukmppg matematika
soal ppg pgsd
latihan soal up pgsd
soal up ukmppg pgsd
soal ppg pgsd
soal up pgsd
soal ppg bahasa indonesia
soal skb guru bahasa indonesia
soal ppg fisika
soal ppg kimia
soal ppg tk 2019
soal ppg guru tk
soal ppg tk 2019
soal ppg tk
soal ppg guru tk
soal up ppg
soal ppg sejarah
soal ppg pjok 2019
soal ppg pjok 2019
soal ppg pjok
soal ppg ips smp
soal ppg ips
soal ppg ips smp
soal ppg ipa kemenag
soal ppg ipa smp
soal ppg ipa smp
soal ppg ipa kemenag
soal ppg ipa
soal ppg pkn

Demikian yang terbaru dari kelas online terkait dengan Kumpulan Soal, Jawaban dan Pembahasan SOAL UJIAN Tes Formatif Tes Formatif Modul 1 2 3 4 5 6 Tes Formatif dan Sumatif Modul 1 2 3 4 5 6 Profesional TIK PPG Daring 2019/2020


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel