Soal dan Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 1 2 3 4 Pedagogik

Daftar Isi [Tampil]
PPG - Selamat datang di kelas online, menginjak tahun pelajaran 2019/2020, berikut admin sampaikan mengenai Tips lulus PPG, Kumpulan Soal, Jawaban dan Pembahasan UP UKM PPG 2019/2020.


Nah, pada kesempatan ini kami akan khusus membahas mengenai  SOAL UJIAN FORMATIF PPG PEDAGOGIK. Perlu diketahui bersama bahwa pelaksanaan UP UKM PPG tentunya setelah Bapak/Ibu guru telah selesai menyelesaikan tugas akhir dan mengerjakan soal-soal formatif dan sumatif modul 1 2 3 4 5 6 kompetensi pedagogik dan juga menyelesaikan semua modul di kompetensi profesional.

Bagi Bapak/Ibu yang sedang melaksanakan ppg daring ataupun yang sedang bersiap siap mengikuti UP UKM PPG 2019/2020, berikut Tes Formatif Modul 4 Pedagogik Modul 4 KB 1 2 3 4 PPG Daring

Soal dan Jawaban tes Formatif M4 KB1 (Modul 4 Pedagogik)
1. Guru ketika membentuk kelompok diskusi anggotanya dengan memperhatikan jumlah laki-laki dan perempuan dalam kelas tersebut karena agar kelompoknya heterogen. Hal ini berarti guru tersebut memperhatikan karakteristik umum siswa...Gender

2. Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang memperhatikan apa yang sedang dibahas nya dan kurang aktif dalam belajar. Guru tersebut berarti memperhatikan aspek perkembangan siswa yaitu Minat

3. Bu Rahma seorang guru SD, setiap kali melakukan proses pembelajaran kepada peserta didik nya sering menggunakan benda konkrit/nyata, terkadang kalau tidak ditemukan benda nyata maka diganti dengan model/tiruannya. Bu Rahma melakukan demikian dengan alasan peserta didik sekolah dasar taraf perkembangan intelektual nya berada pada tahap operasional konkrit. Dari pernyataan tersebut Bu Rahma mengaplikasikan salah satu aspek karakteristik peserta didik yaitu ...Usia

4. Perkembangan intelektual peserta didik usia TK berada pada fase...Pra operasional

5. Minat merupakan salah satu karakteristik umum peserta didik, memegang peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Untuk melihat peserta didik memiliki minat tinggi atau tidak dapat dilihat dari indikator yang tampak dari peserta didik tersebut. Berikut yang bukan merupakan indikator minat yaitu Rasa Percaya

6. Guru Budi merupakan guru kelas 4 Sekolah Dasar, pada saat memberikan pembelajaran menyanyi/musik pilihannya lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Hal ini berarti guru tersebut sangat memperhatikan karakteristik umum peserta didik yaitu Kultural

7. Pada peringatan hari sumpah pemuda yang diselenggarakan di SMP Merah Putih, guru menghimbau untuk menggunakan busana daerah masing-masing. Guru tersebut berarti memperhatikan karakteristik umum peserta didik terutama aspek Etnik
 
8. Karakteristik umum siswa meliputi beberapa aspek. Mana yang bukan merupakan aspek dari karakteristik umum tersebut? Gaya Belajar

9. Guru ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD Audio, kadang menggunakan poster berwarna agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Dalam pembelajaran tersebut sebenarnya guru memperhatikan karakteristik umum peserta didik yaitu Minat

10. Pak Tomi seorang guru Sekolah Menengah Pertama Garuda,  ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh dan pegawai swasta. Namun pak Tomi memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Tomi memperhatikan karakteristik peserta didik yaitu Status sosial

Tes Formatif M4 KB2 (Modul 4 Pedagogik)
1. Kemampuan awal pada dasarnya memiliki dua pengaruh signifikan terhadap peserta didik dimana pengaruh tersebut sangat penting ketika guru akan mendesain dan melaksanakan pembelajaran. Salah satu pengaruh yang dimaksud adalah...Mereduksi peserta didik dalam menggunakan struktur kognitif

2. Diagnosis kemampuan awal (recognition of prior learning) merupakan salah satu variabel penting dalam...Karakteristik peserta didik

3. Salah satu komponen penting yang diperlukan dalam mendesain suatu mata pelajaran kaitannya dengan diagnosis kebutuhan instruksional adalah dengan mengidentifikasi
Kemampuan awal peserta didik


4. Tes yang dipergunakan untuk mengetahui apakah peserta didik telah memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan ataupun dipersyaratkan sebelum mengikuti pelajaran tertentu disebut dengan ...Tes prasyarat

5. Pak Guru Mona mengadakan konsultasi individual dengan cara mewawancarai peserta didik secara informal untuk mengetahui prestasi peserta didikdan permasalahan yang mungkin mereka hadapi baik akademik maupun non akademik. Pak Guru Mona dalam hal ini sedang melakukan salah satu ...Teknik mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik

6. Tes yang dilakukan untuk mendeteksi seberapa jauh peserta didik telah memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait pelajaran yang akan diikuti disebut dengan...Tes kemampuan awal


7. Ibu Guru Mathifa mengajukan serangkaian pertanyaan kepada peserta didik yang dirancang secara khusus untuk membantu mereka menggunakan pengetahuan sebelumnya sehingga mereka siap menerima materi yang akan diajarkan. Apa yang dilakukan oleh Ibu Guru Nathifa tersebut dimaksudkan untuk memicu...Retensi

8. Pak Guru Budi melakukan pemeriksaan atau monitoring terhadap pengetahuan awal peserta didik yang diketahui salah (faulty prior knowledge) secara periodik sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dan akan berakibat pada hasil pembelajaran yang tidak optimal bisa dihindari. Apa yang dilakukan oleh Pak Guru Budi tersebut disebut dengan...Strategi menganalisis kebutuhan instruksional

9. Kemampuan awal peserta didik adalah pemahaman, pengalaman, pengetahuan prasyarat dan segala sesuatu yang dimiliki oleh peserta didik sebagai pengetahuan awal (prior knowledge) dan disusun secara hirarkis sebagai ...Basis data pengalaman (experiential data base)

10. Teknik mendeteksi kemampuan awal peserta didik dapat dilakukan diantaranya dengan menggunakan catatan atau dokumen yang dapat dijadikan sebagai salah satu sumber referensi untuk mendeteksi kemampuan awal peserta didik. Catatan atau dokumen yang dimaksud adalah ...Kemajuan peserta didik (raport)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel